PAHLAWAN TAK DIKENAL

PAHLAWAN TAK DIKENAL
Oleh: Toto Sudarto Bachtiar

Sepuluh tahun yang lalu dia terbaring
Tetapi bukan tidur, sayang
Sebuah lubang peluru bundar di dadanya
Senyum bekunya mau berkata, kita sedang perang

Dia tidak ingat bilamana dia datang
Kedua lengannya memeluk senapang
Dia tidak tahu untuk siapa dia datang
Kemudian dia terbaring, tapi bukan tidur sayang

wajah sunyi setengah tengadah
Menangkap sepi padang senja
Dunia tambah beku di tengah derap dan suara merdu
Dia masih sangat muda

Hari itu 10 November, hujan pun mulai turun
Orang-orang ingin kembali memandangnya
Sambil merangkai karangan bunga
Tapi yang nampak, wajah-wajahnya sendiri yang tak dikenalnya

Sepuluh tahun yang lalu dia terbaring
Tetapi bukan tidur, sayang
Sebuah peluru bundar di dadanya
Senyum bekunya mau berkata : aku sangat muda

(Siasat Th IX, No. 442 1955)

About these ads

~ by kainsa on December 15, 2007.

91 Responses to “PAHLAWAN TAK DIKENAL”

  1. hatiku ter sentak pilu
    saat kau lantunkan puisi ini denagn penuh rindu

  2. hatiku ter sentak pilu
    saat kau lantunkan puisi ini dengan penuh rindu

  3. sma bina insani bogor mengkreasikan puisi ini dalam extra kulikuler musikalisasi puisi, hasilnya jadi beda banget, keren banget

  4. thx ya.. saya lagi butuh sekali untuk pentas 17’an sabtu nanti

  5. Thx bgd ea.. ^^

  6. ga ada apa komentar yang lebih baguss
    buat tugas gw d skolah :( huhuhu

  7. mksh.. puisi ini bisa membantu saya untuk pentas besok di sekolah SMAN 1 Purwakarta.

    n.n

  8. doain aq spaya sukses bawa_in puisini but naikin nma skul aq yah. amien

  9. **KARTINI**

    iBU KARTINI MERUPAKAN SOSOK YANG BERJASA BAGI KAUM PEREMPUAN DI iNDONESIA.bELIAU TELAH MENYEDARKAN PEREMPUAN DI MASA LALU BAHWA PENTINGNYA PEREMPUAN DIiNDONESA.bAYANGKAN JIKA NEGARA KITA TIDAK ADA POLISI,TENTARA,DOKTER,GURU,presiden,aeperti sekarang.untuk itu marilah klita meneruskan perjuangan Ibu Kartini,Bagaimana carany;Kita harus rajin belajar agar citi citi yang kita impikan dapat terwujud

  10. thanks.. ini bwt UJIAN PRAKTEK nih..!!

  11. makasih..
    saya jg buat ujian praktek antara pahlawan tak dikenal sama diponegoro..
    ^
    ^
    ^
    sama” pelajar kaya yg post d atas..

  12. akhirnya…. berjam-jam cari puisi buat tugas, dapet jga yng keren…. thank’s ea kag ataw om ataw pa laah… thx,, ^_^

  13. Ini puisi favoritku….sejak sd aku lomba pke puisi ini. Slam kenal y

  14. “Dunia tambah beku di tengah derap dan suara merdu”
    seharusnya
    Dunia tambah beku di tengah derap dan suara menderu

    salut buat kamu :) salam sesama pecinta puisi

  15. wah,sama sekali aku tak mengerti apa arti ini.emang tak terkenal kok.

  16. akuu senenng puiisii inii …
    Krna puiisii inii aku bc pd saat aku ikut lombba …
    Dan rsanya aku bs mndalamii

  17. hahahahahaha

  18. aq suka bgt puisi nii
    dari sd aq slalu lomba nd menang antar sejabotabek juara 2 pake puisi nii , makasih yya ‘…

  19. waaaooooooooooooo……………..
    puizi BaGuz bNgat…………….

  20. hihihihi,,, ini puisi yang bikin saya menang lomba Bahasa Indonesia waktu SD dulu…
    sukaaaaaaaaaaaaaaa….^^

  21. Sebenernya makna dari puisi ini apa sih? ada yang bisa bantu menjelaskan?..
    hehehe buat tugas..

  22. I ♥ PUISI AKU CINTA PUISI

  23. tema n amanat puisi di atas itu apa ?

  24. mmzz’ aku membawakan puisi ini membuat aku tesentuh dan aku bsa mndpatkan juara pertama dlam limba mmbaca puisi

  25. akk mau nanya ap sih pengetiannya pahlawan tak di kenal

  26. i like it

  27. thx banget ya. Lumayan buat tes besok.

  28. weleh,, keren nii :) salut dah sama Toto Sudarto B. ngekspresiin kematian seseorg di medan perang ,,salut!

  29. btw buat tes besook ;) thx anyway ;)

  30. puisi yang udah lama..

    sekarang dapat tugas mat’kul PPI buat di analisis..

    somoga berhasil
    ^_^

  31. Bsk aq baca puisi ini utk bw nama skolahku….
    Mudh2an puisi ini bsa angkat nm sklhku

  32. thx,puisinya sangat bagus

  33. wah,…. ini puisi sering w bacain pas SD hahahhahaha,.haaduwwh sedih bgd tau,.. hahahahaha Bukan tidur sayang

  34. q belum ngerti

  35. teringat masa SD ,,

  36. Trmkce atz puisi d’atz jd bz bntu q wat tgz dr gru q yaitu tgz musikalisasi puisi, d SMPN 01 KEtangGungan SSN

  37. wah ni puisi bagus amat!!!!!!!!!!!!!!!

  38. ys, puisi ini sngt mebntu ku dlm lmb puisi.
    dari puisi inilah aku tahu bah wa iy merengkai bunga tetapi dia tak tahu diri ya sndri. itu makna dar puis tersbt. itu bagi ku.

    bagi teman2 ln gmn…!!

  39. xixixixix..

    puisi ini yg lagi akuh musikalisasi
    :)

  40. you’re beatiful

  41. mkch ea akhr’e slesai jg nyari tgaz puisi. hehe

  42. pahlawan tak dikenal apa sih artinya ?

  43. Keren sumpah puisi nya

  44. thankz puisinya

  45. thx yaa, bwt tgas gua nie :D

  46. i like it…

  47. Keren…
    Puisi ini niih yg gue cari…buat tugas sekolah…

    Thx yah…

  48. than’a ya untuk ang buat situs
    soalnya ada puisi tugas sekolah aku

  49. puisi yg bgus”

  50. Sang lumbung tumpah,kau tangisi airmata menyiram tanah ini

    Beribu tangan terluka menarik cahaya

    Sementara masih saja kau ulur tali bendera

    berkibar di atas matahari

    Dari sabang sampai merauke

    Pulau-pulau senyum merekah

    Mengulum sunyi tanah di sela bibir doa yang henti

    mendongak ke langit mimpi

    Dan aku di sini, bibit kelak tumbuh bersemi

    Seperti balai-balai padi mengamini

    Gerimis darah di tangan mereka

    hendak menggapai pohon cahaya

    manusi, berhentilah menangis

    Sawah kita merenung lahan sendiri

    Ladang dan tanaman kita sedang belajar mandiri

    Menumpuk harta karun selambung cirapan api

    Tapi, manusi, jangan lagi kau sakiti

    Mereka belum makan hari ini

    Luka lampau sudah kuobati

    Perang saudara cukup kau ulangi

    Sebab seperti Chairil

    Mereka ingin hidup seribu tahun lagi

    Manusi, mari kita berjanji

    Sekali hidup itu berarti, dalam hati

    Tanamlah puisi ini…

    Dan pulau-pulau hijau bersemi

    Manusi, mari kita turunkan

    Bendera di atas matahari!

    ” SALAM SANTUN SELALU DARI ANAK LANGIT PULAU API-API ”

    ”Ttd

    “cristian”

  51. gk da rasa sidih nya

  52. Jadi teringat kembali waktu di SD.

  53. Puisi yg sgat bgus..

  54. memang gaga ini puisi

  55. Wah saya bangga

    • °·♥·♡τнäиκчöü♥·♡·° Чª ?…udh mempermudah siswa saya mencarinya ∂ï internet utk bahan ajar materi musikalsasi puisi…

  56. makasih yang udh ciuain puisi ini …
    bagus bangets

  57. makasih yang udh ciptain puisi ini …
    bagus bangets

  58. kalo lagu yang cocok untuk musikalisasi puisi ini lagu apa ya ?

  59. makasih bangetz yang udah cptain puisi ini …. bgus bangetz jadi tugas …..

  60. Bagus ya

  61. bagus bangetz puisi nya . . . .

  62. Tanx you atas bantuannya…!

  63. makasih puisinya sama kaya PR ku yang puisinya juga kembar dgn PRku

  64. +wwwwwwwhhhhhhhhhhhhaaaaahaaaaaaaaaaa gw sedi bangeeetssssssz

  65. jujurlah saya kalo,puisi nya itu nyedihin ,hiks ?

  66. makasih bwat guru bahasa gw ,pk laksono yang udah ngajarin gw sastra puisi .

    by nugroho budi santoso
    anak smpn 178 jkt yang mirip DAVID BECKHAM .

  67. YA ALLAH MAAFFIN SAYA YANG GAK MAU BELAJAR SASTRA PUISI & SAYA TIDAK MENG HARGAI JERIH PAYAH PARA PEJUANG INDONESIA
    SAYA MAU TOBAT !!! HIKS !!!

  68. baguz bangetz !!!!!

    DEMI ALLAH !!!!

  69. makasih buat infoo,,…….

  70. Apa makna dan amanat dari puisi ini ?

  71. oweeeeeeeek

  72. Makasih buat puisinya ngeri dengarnya tapi nuat lomba hari kamis nanti

  73. nyentuh banget

  74. sotoi kbeh ech

  75. bagusnya

  76. bagusnya puisi

  77. bagusnya puisi

  78. wow…
    mantap

  79. bait ke 3, baris ke 3 akhir, bkn suara merdu tapi suara menderu. klo kopas yg teliti dikit.

  80. khayah

  81. amanatnya kira kira apa ,,

  82. bagus,,
    buat ujian praktek nih ,,,
    smp n 1 alian

  83. saya suka banget dan ni prnah membuat saya menang lomba
    ujian praktek antara gadis peminta minta,pahlawan tak dikenal.diponegoro
    Smp Negeri 1 Alian

  84. Puisi yang bagus tue.. Ya supaya bisa mengingatkn kita juga kan…

  85. INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL TLP KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 303X TERBUKTI TRIM’S ROO,MX SOBAT

  86. alhamdulillah angka dari aky itu sya menagkan trimah kasih aky atas bantuannya aky hub di nmor 082-333-392=969 trimah kasih

  87. BAGUS BGT YH PUISINYA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: